Laman

Profil Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Ternate





Jumat, 02 November 2012

Profil Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Ternate



-->
Sejarah Terbentuknya Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate
  
Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Ternate merupakan lembaga pemasyarakatan yang baru dibangun. Pembangunannya dimulai dari tahun 2001 dan selesai pada tahun 2002. Dibangunnya Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate berkaitan dengan adanya pemekaran wilayah Kabupaten Maluku Utara menjadi Propinsi Maluku Utara pada tahun 1998, dimana dalam suatu Wilayah Propinsi disyaratkan  adanya Lembaga Pemasyarakatan Klas II a.


Pada  akhir  tahun 1999 kerusuhan horizontal pecah di Kabupaten Tobelo. Seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Tobelo mengungsi ke Kota Ternate dan para pegawai tersebut berkantor sementara pada Rumah Tahanan Negara Klas II b Ternate. Setelah pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate selesai dibangun pada tahun 2002, pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Tobelo pindah menggunakan bangunan Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate sebagai kantornya. Dan Lembaga Pemasyarakatan tersebut bernama Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Tobelo di Ternate.


Sehubungan dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia RI Nomor M.02.PR.07.03 tahun 2003, tanggal 16 April 2003, Tentang Pembentukan Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate dan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI Nomor A.5194.KP.04.04 tahun 2003, tanggal 30 September 2003, Tentang Alih Tugas Pejabat Eselon III dan Eselon IV dilingkungan Departemen Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia,  Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Tobelo di Ternate berubah menjadi Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate sampai sekarang. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate pertama adalah Hi. R. Dafri Djen, SH yang sebelumnya sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II b Tobelo dan sekarang jabatan beliau sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara.

-->
Letak (Lokasi) Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Ternate

Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate berlokasi di Jalan Pengayoman Nomor 1, Kelurahan Jambula,  Kecamatan  Pulau  Ternate, Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara. Posisinya menghadap ke barat. Batas-batasnya, sebagai berikut :
-              Sebelah barat berbatasan dengan jalan desa yang beraspal dan tanah tegalan (perkebunan) penduduk.
-              Sebelah Timur berbatasan dengan rumah dinas pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate dan STIKIP (Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikian) .
-              Sebelah Utara berbatasan dengan Kantor Rupbasan Ternate dan sangat tampak Gunung Gamalama.
-             Sebelah Selatan berbatasan dengan rumah dan tanah tegalan (perkebunan) penduduk, serta kurang lebih 550 meter kearah selatan merupakan lautan lepas.
Dari pusat pemerintahan (Kantor Wali Kota Ternate) letak Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate kearah barat dan jaraknya kurang lebih 10 Kilometer. Sedangkan dari jalan raya di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate berjarak 500 meter kearah utara dengan jalan menanjak.
Kantor pemerintah dan lembaga pendidikan disekitar Lembaga Pemasyarakatan Klas II a Ternate :
-              Satuan Brimob Kota Ternate.
-              Kepolisian Sektor Pulau Ternate.
-              Kantor Rupbasan Ternate.
-              Kantor Kecamatan Pulau Ternate.
-              Pertamina Kota Ternate.
-              Kantor Kelurahan Jambula.
-              STIKIP (Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Kie Raha
-              Universitas Muhammadiyah Ternate.

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar